Antisipasi Kebakaran Pasar Kembali Terjadi, Pemkot Makassar Bakal Siapkan Sistem Pemadaman Api

Melihat peristiwa kebakaran pasar yang terjadi berulang kali, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menginstruksikan PD Pasar Makassar Raya guna menyiapkan sistem pemadam api di pasar.

Danny Pomanto menuturkan bahwa kebakaran pasar merupakan peristiwa yang berulang. Karenanya, PD Pasar mesti melakukan evaluasi dari peristiwa yang terjadi.

“Sistem keamanan ini perlu ditingkatkan. Pasar itu harus jadi bagian yang dibenahi, Apar (Alat Pemadam Kebakaran), sistem buka tutup harus,” tuturnya.

“Semestinya diperlukan denah yang bisa diakses masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Makassar Raya Ichsan Abduh Husein sendiri mengatakan, dimana sistem pemadam di pasar-pasar tradisional belum terlalu memadai dan menjadi tugas besar yang fokus dibenahi.

“Jadi memang kami masukkan dalam program 2023 (sistem pemadaman api),” katanya.

Ia melanjutkan, hal tersebut nantinya akan masuk dalam rencana revitalisasi pada sejumlah pasar di Makassar, sebagai upaya agar tak lagi menimbulkan kerugian bagi pedagang.

Diketahui sebelumnya, kebakaran telah menghanguskan 931 kios pedagang di Blok B Pasar Sentral Makassar pada (27/12/2022). Kerugian ditaksir mencapai Rp 60 Miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial