Wali Kota Danny Pomanto Akan Tuntaskan Mega Proyek di Tahun 2023

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto telah merencanakan penuntasan mega proyek Makassar pada 2023 mendatang, menuju cita-cita kota dunia. 

Danny Pomanto, mengatakan mega proyek yang dicanangkan bukanlah perihal megah dan besarnya proyek itu sendiri, tetapi bagaimana program itu menjawab permasalahan masyarakat dan dapat dijadikan solusi.

Mega proyek yang dimaksud yakni kelanjutan Lorong Wisata (Longwis), Kendaraan Listrik (Co’mo) dan proyek fisik seperti Revitalisasi Pantai Losari, Pembangunan Makassar Core City Arena (Macca), Sirkuit, Makassar Government Center yang mana didalamnya ada Mal Pelayanan Publik, Mal Investasi, Mal Inovasi dan UMKM. 

“Jadi ini menjadi solusi besar. Seperti lorong wisata yang mana berlangsung di gang-gang (lorong-lorong). Kelihatannya kecil tetapi jumlahnya besar. Sampai saat ini sudah ada 1.092 lorong. Tahun depan ditambah 1.000 lorong lagi dan harapannya pada akhir masa jabatan saya sudah sampai 5.000 lorong,” katanya di sela-sela acara Speak After Lunch ‘Mega Proyek 2023 Menuju Makassar Kota Dunia’ di Studio INews Tv, Jakarta, Selasa, (27/12/2022).

Danny mengungkapkan, di mana Longwis merupakan program bagi lorong-lorong di Makassar, yang awalnya Lorong Garden mampu membuat masyarakat memiliki harapan untuk memperbaiki kehidupannya melalui dukungan Pemerintah Kota Makassar. 

“Seri terakhir ini adalah Lorong Wisata. Ini menjawab persoalan Food Sekuriti atau Keamanan Pangan, Ekonomi, Sosial, Smart City dan konten lainnya yang ditotal menjadi 18 konten. Jadi ada inovasi food sekuriti, sirkulasi ekonomi masyarakat, lebih dari itu membuat masyarakat kompak,” ungkapnya.

Selanjutnya, kendaaraan listrik Co’mo yang telah diluncurkan akan menjadi fasilitator bagi tamu-tamu untuk menuju lorong wisata. 

“Paling menarik ialah sistem pengisian baterainya dengan energi matahari. Jadi double baterai, ketika habis yang satu maka pindah ke lainnya dan yang habis terisi sendiri. Kenapa? Karena kalau dari energi matahari maka full kita mendukung transformasi menuju energi terbarukan. Pemkot menargetkan 15 unit untuk masing-masing kecamatan,” ujarnya.

Selain itu, mega proyek fisik seperti revitalisasi Pantai Losari akan dibuat dengan investasi sekitar Rp 5 Triliun dan akan didesain lebih menarik lagi, apalagi di sepanjang 1,5 km Pantai Losari termasuk dalam 8 sunset terbaik di dunia, versi Sunset Water Magazine

“Pembangunan Macca dan Sirkuit dibuat bersahabat dengan lingkungan tanpa merusak Mangrove yang ada di sekitar kawasan. Jadi kita integrasikan antara hutan mangrove dengan kawasan olahraga. Misalnya sirkuit, itu kita buat Green Sirkuit artinya sirkuit yang berwawasan lingkungan; belum pernah ada di dunia. Nanti dia masuk dalam terowongan mangrove. Pengamanannya dalam bentuk kaca supaya angel mangrove menjadi yang utamanya,” jelasnya

“Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dapat menyalurkan energi positif mereka di kawasan olahraga itu. Mempersiapkan generasi muda,” lanjutnya.

Danny berharap, membangun Makassar dengan transparansi, dirinya pun bisa menerima segala bentuk kritik, ide dan solusi demi pembangunan Kota Makassar.

“Kita punya Forum Sipakainge, Rakorsus, Media Sosial, jadi saya berharap seluruh masyarakat dari muda hingga senior-senior silahkan memberikan input penyempurnaan karena pikiran bersama jauh lebih baik dari pikiran sendiri,” harapnya.

2 thoughts on “Wali Kota Danny Pomanto Akan Tuntaskan Mega Proyek di Tahun 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial