Perkuat Keamanan Siber, BSSN Kunjungi Diskominfo Makassar Bahas Pembentukan CSIRT

Badan Siber Sandi Negara (BSSN) melakukan kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar.

Kunjungan tersebut terkait asistensi pembentukan dan pengelolaan Computer Security Insiden Response Team (CSIRT) Kota Makassar. Berlangsung di Ruang Rapat Diskominfo Makassar, Selasa (20/2/2024).

Perwakilan BSSN, Arif Fachru Rozi dan Carissa Mega Yulianingrum, diterima secara langsung oleh Kadis Kominfo Makassar, Ismawaty Nur.

Ismawaty Nur mengatakan, kunjungan tersebut menjadi langkah strategis untuk peningkatan keamanan sistem informasi pemerintahan, yang juga berhubungan dengan layanan digital bagi masyarakat.

“Selain untuk pencegahan, pemulihan hingga pengendalian kerusakan sistem informasi kita dari insiden-insiden serangan siber, tentu ini juga memberi dampak dalam menjaga data dan pelayanan berbasis digital terpercaya untuk masyarakat,” ucapnya.

Senada dengan itu, Arif menuturkan bahwa adanya pembentukan CSIRT kedepannya diharapkan bisa memberikan respon pemulihan yang efektif serta terciptanya tujuan pemerintah pusat terkait kesejahteraan masyarakat di ruang siber.

“Penting untuk membentuk CSIRT, harapannya agar tercipta ruang siber yang aman dan kondusif sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat. Selain itu, juga merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin keamanan siber bagi masyarakat dan dapat membantu mendorong ekonomi digital masyarakat,” tuturnya.

Arif menambahkan, manfaat pembentukan CSIRT juga dapat memberi pengamanan berbagai proyek sistem pemerintahan berbasis elektronik, menuju pelayanan publik yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =

Scroll to top