Menurut Data, UMKM Longwis Makassar Terbantu Program UMKM Diskominfo Makassar

Survey online yang diisi oleh peserta Business Matching (BizMatching) Kolaborasi UMKM Lorong Wisata (Longwis) dan Startup Digital, data menunjukkan para pelaku bisnis UMKM Longwis Kota Makassar sangat membutuhkan peran Startup dalam mengelola bisnis.

Kuesioner evaluasi pertama BizMatching diisi oleh 21 responden UMKM Lorong Wisata. Pertanyaan yang disiapkan terfokus tentang pengaruh program BizMatching dan peran Startup bagi UMKM Longwis.

Kategori pertanyaan terkait bagaimana UMKM terbantu dalam program BizMatching memperlihatkan data bahwa 50% hingga 80% dari mereka membutuhkan bantuan dalam hal pengelolaan limbah, legalitas (Usaha, merek dan lainnya) serta layanan jasa asisten pribadi.

Sedangkan dalam hal ketertarikan terhadap Startup Digital menunjukkan bahwa responden UMKM Longwis tersebut jelas membutuhkan peran Startup Digital. Bahkan data yang ada, berada di angka 70% hingga 90% ketertarikan.

Adapun Startup yang dimaksud yakni, Ali (Akses Legal Indonesia), Waku (Payment Gateway), Mall Sampah (Pengelolaan Limbah), dan Helper Indonesia yang bergerak di layanan asisten pribadi dan jasa general.

Kepala Bidang (Kabid) Aplikasi dan Informatika (Aptika) Diskominfo Kota Makassar, Dr Jusman mengatakan, Bizmatching sebagai model bridging antara Startup Digital dan UMKM Lorong wisata untuk mendorong pelaku bisnis UMKM Kota Makassar naik kelas dengan kegiatan diantaranya Founder dating, Workshop, Company visit, Pitching day, Exhibition dan Investor dating

“Manfaat dari program BizMatching ini, diantaranya UMKM akan mendapatkan bimbingan (coaching), pemantauan, melakukan metrik KPI, memperkuat ekosistem digital, follow on founding, selain itu UMKM akan mendapatkan bimbingan lainnya yang dibutuhkan dari Startup Digital” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, program tersebut merupakan gagasan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar guna membantu bisnis UMKM Longwis. Selain itu, juga sebagai wujud nyata dukungan terhadap visi Pemerintah Kota Makassar menciptakan 100.000 peluang kerja.

Batch #1 (pertama) Program Business Matching (BizMatching) sudah dilakukan dua sesi pertemuan dengan agenda sosialisasi program dan ‘Founder Dating’ yang fokus mempertemukan pelaku bisnis UMKM Longwis dengan Startup Digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial