Lelang Proyek Strategis, Pemkot Makasar Siapkan Rancangan Ranperda Investasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar saat ini tengah menyiapkan rancangan peraturan daerah (Ranperda) investasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, penggodokan ranperda investasi sendiri didasari dengan adanya program strategis yang akan dilelang tahun ini.

Guna melancarkan lelang tersebut, maka dibutuhkan perda investasi yang mampu mengatur pemberian insentif untuk meningkatkan daya tarik calon penyedia.

“Kami juga akan menawarkan kawasan reklamasi, kami juga akan menawarkan jalan tol lingkar, lanjutan dari jalan tol Pettarani. Maka tidak lengkap kalau kita tidak punya perda soal investasi,” kata Danny, Rabu (11/01/2023).

Dalam perda sendiri, itu nantinya dapat mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat dan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), juga memberikan peluang kerja sama dalam berinvestasi.

Karena belum adanya perda investasi, pemkot pun cuma bisa memberikan potongan harga dalam hal Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bagi calon penyedia.

“Kalau ada perda investasi kita membuat insentif, sekarang tidak bisa insentif. Padahal mengundang investasi adalah insentif.” ucap Danny Pomanto.

“Palingan insentif sekarang seperti IMB-nya dikasih diskon. Tapi, kita bisa kasih insentif yang lain kalau ada perda investasi,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial