Tahun ini, Pemkot Makassar Rencanakan 20 OPD Bakal Dapat Kendaraan Listrik.

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar di tahun 2023 ini akan menyiapkan penggunaan kendaraan listrik untuk sejumlah OPD. Terdapat 20 OPD yang nantinya akan mendapatkan kendaraan listrik.

Hal tersebut sesuai arahan presiden RI Joko Widodo guna menuju nol emisi di 2060 akan datang. Pemkot Makassar sendiri akan melakukan pengadaan secara bertahap.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, hal ini sebagai upaya dalam konversi ke energi yang lebih hijau. Terutama karena ini telah menjadi instruksi pusat, Pemkot memastikan upaya konversi ini berjalan dengan baik

“Intinya kita beli mobil dinas listrik sekarang, paling tidak kita ikut tegak lurus dengan perintah bapak presiden,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Makassar Muh Dahklan mengungkapkan, pengadaan kendaraan listrik lebih dahulu disalurkan kepada OPD yang belum memiliki atau membutuhkan pembaharuan kendaraan.

“Jadi persoalannya memang masih ada beberapa SKPD yang belum memiliki kendaraan, seperti di Kesbang, Dinsos, DP3A mereka masih pakai Terios dan Avanza,” katanya.

Muh Dahklan pun menilai masih terdapat beberapa OPD sudah memiliki kendaraan yang lebih baru, jadi sayang untuk diganti dengan kendaraan listrik dalam waktu dekat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =

Scroll to top