Sangat Bermanfaat, Kontainer Makassar Recover Diapresiasi Warga

MAKASSAR, –  Keberadaan kontainer Makassar Recover yang ditempatkan di setiap kelurahan se-Kota Makassar memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat. 

Ketua LPM Kelurahan Mappala, Mangsawan mengatakan, kontainer tersebut pada awalnya menjadi pusat penanganan dan pengendalian Covid-19 di tingkat kelurahan.

“Jadi awal hadirnya kontainer itu untuk penanganan Covid-19, mulai dari deteksi dini warga, konsultasi soal kesehatan, semacam pusat penanganan wabah dan pusat informasi saat itu,” ungkap Mangsawan, Jumat (28/10/2022).

“Penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan sangat sistematis dan terorganisir dengan baik, karena kita punya pusat koordinasi. Ada suspek cepat teridentifikasi, dan tepat ditangani. Di kontainer mi itu semua dikoordinasikan,” sambungnya.

Tidak hanya itu, kontainer juga dijadikan pusat untuk vaksinasi Covid-19 yang dimasifkan oleh pemerintah. Khusus untuk Makassar melalui gerakan 100 RT 1 Hari 100 Persen.

“Begitu juga dengan program vaksinasi Covid, di kontainer itu diadakan. Jadi tidak ganggu layanan di Kantor Lurah, cukup di kontainer,” paparnya.

Pernyataan serupa juga dilontarkan Pj Ketua RT 4 RW 1 Kelurahan Bonto Biraeng, Irfan K. Dg. Pase. Dia menyebut, kontainer Makassar Recover menopang usaha memutus mata rantai penyebaran Covid saat pandemi.

“Kontainer menjadi pusatnya penanganan Covid-19 di kelurahan, termasuk persoalan koordinasi deteksi suspek dan edukasi seputar Covid kepada warga” kata Irfan.

Pasca Covid mereda, Irfan menyebut kontainer tersebut memiliki banyak fungsi lain yang manfaatnya tidak kalah besar. Salah satunya menjadi pusat koordinasi perangkat RT RW yang ada di kelurahan.

“Sekarang kita jadikan posko untuk koordinasi rutin sesama warga, Ketua RT, RW, LPM, Binmas, Bhabinkamtibmas. Kita koordinasikan macam-macam, urusan keamanan dan ketertiban warga, kebersihan wilayah,” jelasnya.

Tidak hanya itu, tokoh masyarakat Mamajang ini menyebut kontainer juga bisa dijadikan ruang pertemuan antar warga bahkan bisa dijadikan Posyandu.

Dia mengapresiasi realisasi program nyata yang dilakukan Pemkot Makassar melalui keberadaan kontainer tersebut. Mulai dari penanganan Covid hingga urusan wilayah kelurahan dan warga.

“Kami sangat mengapresiasi program yang sudah berjalan dan yang sedang berjalan. Tentu ke depan harapan kami kontainer ini bisa tetap dimanfaatkan, meski pun kepala daerah akan berganti. Sebab manfaatnya kami yang rasa,” harap Irfan.

Sumber : Humas Kominfo Makassar 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial