Pertemuan dengan Tim BPK RI, Pemkot Makassar Akan Bangun Mal Pelayanan Publik

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menyiapkan Mal Investasi, termasuk dalam pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP). Pembangunan MPP direncanakan rampung pada November 2023.

“Kita bikin MPP, bukan hanya Mal Pelayanan Publik saja, tetapi di dalamnya ada Mal Investasi, Mal Inovasi, dan Mal UMKM. November selesai, semuanya dibenahi dengan menggunakan sistem IT,” ucap Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, di tengah pertemuannya dengan Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Jumat (23/12/2022).

“Jika itu selesai, maka kami optimis realisasi investasi di Makassar. Karena akan diberikan kemudahan investasi dalam bentuk regulasi. Sehingga lebih memacu investasi di Makassar,” tambahnya.

Diketahui, pertemuan ini sebagai rangka Exit Meeting Tim BPK RI, Pemeriksaan Kinerja atas Upaya Pemerintah Daerah dalam Mendorong Kemudahan Berusaha melalui Pelayanan dan Perizinan dan Penanaman Modal 2021 dan Semester I Kota Makassar.

Danny pun berharap agar hasil audit BPK RI menjadi acuan pihaknya dalam melakukan perbaikan-perbaikan di lingkup Pemkot Makassar.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Makassar, Zulkifli Nanda, mengatakan audit kinerja yang dilakukan BPK bertujuan untuk membantu Pemkot dalam kemudahan berinvestasi.

“BPK melakukan audit selama 30 hari kerja, dari mekanisme perizinan sampai SOP yang ada di PTSP. Mulai dari regulasi, SOP, semua dinilai lalu hasil audit itu nantinya akan dikeluarkan mengenai apa saja yang perlu dilakukan pembenahan,” ujar Zulkifli.

“Dalam Perpres 89/2021 mengamanahkan bahwa semua daerah wajib memiliki MPP. Nah, ini kita sementara ancang-ancang dan sudah masuk proses pembangunan,” lanjutnya lagi.

Dengan Exit Meeting ini, BPK RI akan melaporkan hasil pemeriksaan di lapangan dan akan menjadi rekomendasi yang bisa ditindaklanjuti Pemkot Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial