Pemkot Makassar Siapkan Belasan Posko Pengungsian Korban Banjir

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, menyiapkan belasan titik lokasi pengungsian bagi korban terdampak banjir di Blok 8, 9 dan 10, Perumnas Antang, Kecamatan Manggala, dan di Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya Makassar, Sulawesi Selatan.

Beberapa titik pengungsian telah disiapkan seperti di Masjid Jabal Nur, kemudian di Masjid Anwar, Masjid Makkah, Masjid Nurul Jihad, Posyandu, Masjid Al-Muhajirin, Masjid Al-Mukarramah, termasuk rumah warga dan di lapangan.

“Kita sudah siapkan posko. BPBD juga menyiapkan peralatan dapur umum dan mobil serta perangkatnya. Dinas sosial membawa bahan masaknya. Alhamdulillah, akan dibuatkan makanan untuk seluruh pengungsi,” kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat peninjauan di posko pengungsian Perumnas Antang.

Selain titik pengungsian yang telah disiapkan, Pemkot Makassar melalui Dinas Sosial dan BPBD juga menyiapkan dapur umum, menyalurkan sembako, selimut, terpal, sarung dan obat-obatan.

Upaya mengatasi bencana banjir, Danny Pomanto mengaku telah memerintahkan para camat setempat untuk menghimpun semua elemen masyarakat dalam sebuah forum khusus. Menurutnya penting adanya aspirasi mayarakat dalam membahasan persoalan banjir.

“Perlu dukungan masyarakat dan dukungan semua pihak untuk mengalirkan air yang mestinya jalantetap, tetapi terhambat. Harus menjadi keputusan bersama sehingga masyarakat paham,” ujarnya.

“Solusi kongkritnya ialah agar air teraliri dengan baik. Apalagi aliran dari Nipa-nipa sudah lancar. Ini faktor ketinggian,” lanjutnya lagi.

Diketahui, Wali Kota Makassar Danny Pomanto gencar meninjau lokasi banjir bersama jajarannya. Sekaligus menyalurkan berbagai keperluan bagi korban terdampak banjir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =

Scroll to top