Perkuat Layanan Kesehatan Primer, CISDI dan Pemkot Makassar Siap Kolaborasi

Lembaga non-pemerintah Center For Indonesia’s Strategi Development Initiatives (CISDI) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar siap berkolaborasi untuk memperkuat layanan kesehatan primer.

Kesiapan itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar M Ansar usai menerima audiens CISDI yang dipimpin Dirut CISDI Diah Satyani Saminarsih, di Kantor Balai Kota Makassar, Rabu (18/01/2023).

M Ansar menyampaikan CISDI merupakan lembaga non pemerintah yang bergerak di bidang kesehatan, khususnya terkait dengan pembangunan pelayanan kesehatan primer.

“Mereka datang ingin memberikan bantuan berupa pendampingan terkait pelayanan kesehatan primer, dalam hal ini yaitu puskesmas dan pemerintah kota berterima kasih atas rencana kolaborasi ini,” tutur M Ansar.

Di hadapan jajaran CISDI, Ansar mengatakan bahwa Pemkot Makassar di bawah kepemimpinan Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto sudah memiliki home care sebagai program layanan kesehatan primer dengan memberikan pelayanan langsung ke masyarakat dari rumah ke rumah.

Untuk itu lebih lanjut, CISDI akan datang kembali mempresentasikan program apa yang cocok untuk dikolaborasikan dengan pelayanan kesehatan primer di Kota Makassar.

“Mereka (CISDI) kagum juga dengan inovasi pak wali kota yaitu layanan home care. Setelah pertemuan ini nanti mereka persentase di tingkat OPD. Kita biarkan mereka turun ke puskesmas supaya bisa melihat apa yang bisa dikerja samakan,” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin siap berkolaborasi dengan CISDI untuk memperkuat layanan kesehatan primer seperti di puskesmas dan posyandu.

“Pemkot Makassar menyambut baik terkait dengan dukungan yang diberikan CISDI di mana ini adalah penguatan layanan kesehatan primer,” ujarnya.

Ia menyampaikan dengan adanya dukungan CISDI ke depan pelayanan kesehatan primer di Makassar tentunya akan lebih maju mengingat enam pilar transformasi kesehatan adalah salah satunya terkait transformasi di bidang pelayanan primer.

“Kolaborasi dengan CISDI akan kita ketahui setelah tim teknis CISDI datang kembali ke Kota Makassar untuk presentasi, kemungkinan kerja samanya kita dalam bentuk apa,” tambah Nursaidah.

Sementara itu Dirut CISDI Diah Satyani Saminarsih melihat inisiatif kesehatan di Kota Makassar sudah sangat maju. Meski begitu, pihak CISDI mengajak pemerintah kota berkolaborasi untuk meningkatkan layanan primer.

Sebagai tindaklanjut, pihaknya akan memetakan program CISDI yang telah berjalan di daerah lain untuk selanjutnya dipresentasikan ke Dinkes Kota Makassar.

“Nanti kita kombinasikan inovasi yang cocok dan mendukung apa yang sudah terlaksana di Kota Makassar agar makin baik lagi,” tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial