Danny Pomanto Apresiasi Kinerja PDAM Kota Makassar

Kinerja Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar menuai apresiasi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto.

Dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) yang diadakan PDAM Kota Makassar, Danny mengatakan PDAM Kota Makassar di bawah kepemimpinan Beni Iskandar menunjukkan progres yang cukup baik. 

“PDAM ini sudah memiliki progres yang baik. Contoh, utang kita sisa Rp 5,9 Miliar dari Rp 40 Miliar lebih yang diwariskan direksi lama,” kata Danny Pomanto dalam rapat yang berlangsung di Hotel Claro, Senin (26/12/2022).

Dirinya menyebutkan, untuk memaksimalkan kinerja PDAM Kota Makassar, terdapat beberapa catatan penting. Danny Pomanto pun meminta agar cakupan layanan air bersih tahun mendatang dapat mencapai angka 85%.

“Saya berharap coverage (cakupan pelayanan) air tambah besar, tingkat kebocoran air tambah kecil, utang dilunasi, dan pengamanan air jelas,” tuturnya.

Senada dengan itu, Dirut PDAM Kota Makassar Beni Iskandar memastikan bahwa tahun ini, sisa hutang yang ditinggalkan direksi sebelumnya akan di lunasi.

“Utang pasti lunas tahun ini karena pendapatan kita sudah Rp 20 Miliar,” ungkapnya.

Bahkan ia berjanji di 2023 mendatang akan merealisasikan cakupan air bersih hingga 85%. Sama halnya dengan tingkat kehilangan air atau NRW.

“Tingkat kehilangan air kalau target RKP di 2022 itu di 47% dan capaian direksi dari 54% sekarang tinggal 49%. Jadi 2023 kita target ada penurunan sekitar 5% karena menurunkan NRW tidak segampang apa yang kira-kira analoginya orang,” ungkapnya.

“Pemeliharaan air baku, tentu kita harus memperkuat laboratorium PDAM Makassar menghindari distribusi itu terdampak bakteri e-coli,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial