Hadapi Ketatnya Persaingan Bisnis, Peserta Batch 7 Fokus Ikuti Materi Menjaga Kualitas Layanan

Pelayanan dibutuhkan untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan, sehingga menjadi salah satu faktor utama pelanggan menjadi setia. Pelayanan yang baik dapat  mengatasi komplain dari pelanggan.

Materi “Menjaga Kualitas Layanan Usaha” pun hadir pada pertemuan keempat batch 7 Eksposure UMKM dan Bisnis Digital yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bersama Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar.

Mentor Khairul Umam yang membawakan materi tersebut mengatakan, kualitas layanan dapat menjadi tolak ukur bagaimana sebuah bisnis mampu memenuhi harapan pelanggannya.

“Ketatnya persaingan bisnis saat ini mengharuskan pelaku usaha menyadari pentingnya kepuasan pelanggan, ketika pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, mereka cenderung kembali untuk bertransaksi lagi bahkan merekomendasikan produk atau jasa ke orang lain. Oleh karena itu harus punya tekad untuk terus menjaga bahkan meningkatkan kualitas layanan terhdap konsumen,” katanya. Kamis (23/11/2023).

Lebih lanjut, Khairul Umam menyampaikan kepada peserta berbagai hal yang mestinya diperhatikan mengenai layanan usaha.

“Kita membahas berbagai aspek penting kualitas pelayanan yang perlu diperhatikan oleh setiap pelaku usaha, khususnya Pelaku UMKM ini. Adapun beberapa tips atau praktik terbaik yang dapat membantu menjaga kualitas layanan usaha secara efektif,” tuturnya.

Peserta dari UMKM Raff Box Kelurahan Tamalanrea Jaya, Rafif Darwis mengungkap bahwa dirinya semakin sadar akan pentingnya kualitas layanan bagi konsumen.

“Bagus sekali materinya, inti dari penjualan memang kualitas pelayanan, baik itu produk ataupun jasa. Terutama fast respon membalas chat pelanggan, selama ini saya slow respon karena sibuk urus pesanan,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 17 =

Scroll to top