Sambangi Peserta Eksposure UMKM dan Bisnis Digital Batch 7, Dokter Udin: Kuncinya Konsisten!

Konsultan Inkubator Center, dr Udin Saputra Malik yang juga merupakan supervisor Eksposure UMKM dan Bisnis Digital kembali mengunjungi Inkubator UMKM untuk menemui para pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan. Kamis, (23/11/2023).

Diketahui program pelatihan yang dihadiri merupakan bentuk sinergi kerjasama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bersama Dinas Koperasi (Diskop) dan UKM Kota Makassar dalam mendukung pertumbuhan UMKM.

dr Udin dalam kesempatan itu mengungkapkan bahwa penyakit UMKM saat ini yaitu tidak adanya sikap konsisten. Maka dari itu ia mengajak para UMKM agar serius saat pelatihan dan aktualisasinya.

“Kuncinya konsisten, betul-betul belajar dan praktikkan apa ilmu yang kita dapat agar penjualannya bagus dan terkonsep dengan matang,” ucapnya.

“Disini juga ada yang ajarki digital marketing supaya bisaki jual-jual online, dan ini gratis tidak dipungut biaya,” pungkasnya.

dr Udin juga terus mendorong hadirnya kerjasama antara SKPD untuk para UMKM, sehingga terbuka berbagai peluang untuk tampil dengan produk yang dihasilkan.

“Saya selalu mendorong para SKPD untuk berkolaborasi dengan para UMKM. Saya sampaikan, kalau buat kegiatan di atas 200 orang panggil stand UKM, juga kalau ada kegiatan-kegiatan bisa pesan di UMKM,” katanya.

Ia menekankan kepada para pelaku usaha yang hadir bahwa, salah satu modal dalam berwirausaha adalah sombere.

“Tidak bolehki malu tidak boleh ki gengsi. Karena bisa jadi samping kanan kiri kita itu bisa mendatangkan rejeki,” bebernya.

Sementara itu, salah satu peserta Eksposure UMKM, Herayanti mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan ini dikarenakan ingin naik kelas.

“Alhamdulillah dapat dukungan dari pemerintah dan pak dokter, semoga kedepannya kita bisa naik kelas dan berkembang lebih baik,” ujar Herayanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − five =

Scroll to top