Danny Pomanto Optimis Pemkot Makassar Raih Predikat A+ LHP BPK 2023

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto optimis Pemkot Makassar mampu meraih predikat A+ Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulsel terkait Kinerja Perizinan, dan Penanaman Modal tahun 2023.

Danny Pomanto mengatakan terdapat dua hal penting pada laporan BPK tersebut, yaitu pelayanan publik (perizinan) dan investasi (penanaman modal).

“Soal perizinan kan ini bengakala yang dua tahun lalu, sebelumnya kan kita menempati juara puncak Indonesia. Makanya kita sedang perbaiki, atas dasar nilai terendah itulah masuk BPK dan sekarang kita sudah A-, karena belum ada MPP. Nanti kalau itu sudah ada maka bisa dapat A+,” katanya.

“Olehnya kita harus punya perangkat-perangkat. Dengan pemeriksaan ini menjadi koreksi, memperkuat dan menjadi pedoman untuk memperbaiki mempersiapkan diri dalam aturan dan SOP dalam menerima investasi yang akan dilakukan di Makassar,” tambah Danny.

Sementara itu, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Makassar Zulkifli Nanda menuturkan bahwa predikat yang dimaksud memiliki peluang besar untuk didapatkan, melihat Perda Insentif Modal dan Kemudahan Investasi sudah masuk dalam Prolegda DPRD.

“Kita sudah terima hasil audit dari BPK, salah satunya ialah Pemkot belum memiliki Perda Insentif Modal dan Kemudahan Investasi maka ini yang menjadi catatan untuk segera membuat Perda itu,” tuturnya.

“Ranperdanya sudah masuk. Tahun ini juga sudah dicanangkan DPRD sebagai perda insentif penanaman modal dan kemudahan investasi, sudah diterima tinggal dibuatkan Pansus,” lanjut Zulkifli.

Terakhir, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Selatan Amin Adab Bangun mengungkapkan, pihaknya telah menyelesaikan dan memberikan LHP kepada masing-masing Pemda.

“Kita berharap dengan hasil itu permasalahan itu segera dapat diatasi sehingga tidak menjadi masalah dan kendala yang sama selanjutnya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial