Makassar Jadi Tuan Rumah Multilateral Naval Exercise Komodo ke-4 Tahun 2003

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menerima kunjungan Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II, Laksma TNI Deny Prasetyo di Kediaman Pribadinya pada Kamis (5/1/2023).

Kunjungannya tersebut berkaitan dengan ditunjuknya Kota Makassar sebagai tuan rumah agenda Multilateral Naval Exercise (MNE) Komodo ke-4 Tahun 2023 bulan Juni 2023 mendatang. 

“Pertama kita di Batam, lalu Padang dan Riau. Tahun ini kita memilih selat Makassar karena memiliki perairan yang luas dan cukup bagus untuk dijadikan simulasi latihan,” ucap Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada II, Laksma TNI Deny Prasetyo.

Dengan materi nonwar-fighting, latihan bersama multilateral itu akan mengundang ratusan peserta Angkatan Laut dari negara-negara sahabat. Juga melibatkan kementerian terkait, pemerintah daerah, dan komunitas maritim.

Kegiatan MNE Komodo ke-4 Tahun 2023 ini merupakan wujud nyata dari tugas pokok TNI Angkatan Laut dalam bidang diplomasi dan militer yakni dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) bersama dengan Angkatan Laut negara sahabat.

Selain itu, latihan bersama ini pun bertujuan guna menyiapkan langkah kerjasama menghadapi situasi krisis bidang keamanan maritim dan HA/DR TNI AL. 

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto menyambut baik penunjukan Kota Makassar sebagai tuan rumah. Tak hanya itu, Danny saapan akrabnya berencana mengundang langsung siswa SD-SMP menyaksikan atraksi peserta MNE. 

“Kita siap menyambut tamu negara dan menjadi tempat sebagai pelatihan persahabatan antar negara. Bapak butuh apa kami siapkan. Anak SD-SMP kami ajak nonton biar dia jadi terinspirasi kedepannya,” ungkapnya.

Kegiatan MNE tersbutakan menampilkan latihan Tahap Pangkalan (Harbour Phase), Latihan Tahap Laut (Sea Phase). Latihan Tahap Laut yang berupa kegiatan FTX akan dilaksanakan di Perairan Makassar, kegiatan Sosial (Civic Mission Phase) dan Kegiatan kemanusiaan (Humanitarian Civic Action), juga kegiatan karya bakti di bidang ENCAP Sektor Akarena, Sektor Untia, Sektor Tambaringan dan Sektor Lae-Lae dengan kegiatan finishing ENCAP.

Sedangkan kegiatan bakti sosial di bidang MEDCAP, di antaranya kegiatan pengobatan di KRI LPD Kelas BRS (KRI SHS-990 atau KRI WSH-991) dan Pulau Barrang Lompo, serta kegiatan penyuluhan kesehatan di SMA Hangtuah Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial