Tahun 2023, Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Akan Dibentuk

Tahun 2023 mendatang, Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Makassar akan dibentuk. BRIDA merupakan transformasi perubahan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda).

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dalam acara Refleksi Akhir Tahun Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, menegaskan kepada OPD terkait agar terus berjuang mencapai perubahan ke BRIDA dan mencatatkan Makassar sebagai pemerintah kabupaten/kota pertama di Indonesia.

“Terus siapkan BRIDA, dan jadikan kita pertama di kabupaten kota di seluruh Indonesia. Buatlah pusat mengatakan bahwa mereka tidak salah memilih Makassar sebagai pemerintah daerah pertama dari 514 Pemda di seluruh Indonesia untuk menjadi contoh pembentukan BRIDA,” katanya dalam acara yang berlangsung di Hotel Four Points, Rabu, (28/12/2022), malam.

Selain mengarahkan kampus-kampus bekerjasama untuk membuat solusi berdasarkan penelitian, dirinya juga mengaku telah menambah anggarannya.

“Penelitian itu harus diproduksi, seperti memproduksi pedestrian pada 2024 lebih bagus, beton kuat, jadi semua konten lokal. Juga sistem pembersih got atau drainase kita dan banyak sekali yang membutuhkan terobosan,” imbaunya.

Senada dengan itu, Kepala Balitbangda Makassar Andi Bhukti juga mengungkapkan, perumusan Perda BRIDA telah masuk Program Legislasi Daerah (Prolegda). Pihaknya pun sudah berkomunikasi dengan teman-teman DPRD (Bapemperda) dan hasilnya, pada triwulan atau semester pertama 2023 pembentukan Perda BRIDA ini sudah rampung.

“Jika sudah selesai maka kita kota pertama yang membentuk BRIDA di Indonesia. Sudah ada naskah akademiknya, prinsip teknis dan administrasi sudah dipenuhi. Sekarang bolanya di DPRD,” ungkapnya.

Andi Bhukti mengatakan, Ranperda sendiri menjadi salah satu prioritas DPRD. Perihal anggaran, dari Balitbangda ke BRIDA kini sudah menyesuaikan dari Rp 9 Miliar ke Rp 20 Miliar.

“Jika sudah terbentuk anggaran ini, Insya Allah dari pusat akan mengucurkan anggaran ke BRIDA. Seandainya sudah terbentuk maka sudah banyak kucuran dana dari pusat dan nanti, fokusnya pada penelitian, sarana dan prasarana dengan menggandeng akademisi dan kampus,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial