Karaeng Galesong Anugerahi Danny Pomanto Gelar Adat Kehormatan “Daeng Manaba”

Karaeng Galesong H Mallarangang Abdullah Karaeng Gassing menganugerahi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto gelar adat kehormataan “Daeng Manaba” pada peringatan 356 tahun Kerajaan Galesong dan Tammu Taung ke-262 Gaukang Karaeng Galesong. Berlangsung di Istana Balla Lompoa Galesong, Kamis (16/02/2023).

Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto diberi gelar “Daeng Manaba” dari keluarga besar Karaeng Galesong. Gelar ini diberikan langsung oleh  Karaeng Galesong secara lisan dan diumumkan di hadapan ratusan tamu yang hadir.

Karaeng Galesong mengatakan alasan pemberian gelar ini karena Danny Pomanto dinilai berhasil memimpin pembangunan Kota Makassar menjadi lebih baik selama periodenya. Daeng Manaba sendiri memiliki arti orang-orang yang tabah dan penyayang, dalam kata Manaba juga itu terkandung doa dan harapan. 

“Kami liat pak Danny ini kepeduliannya sangat tinggi kepada masyarakatnya. Banyak harapan kami kepada Danny. Semoga karirnya bisa terus meningkat ke level yang lebih tinggi,” harap Karaeng Galesong. 

Sementara, dalam sambutannya, Danny mengungkapkan rasa terima kasih atas gelar “Daeng Manaba” yang diberikan. Menurutnya gelar tersebut merupakan sebuah amanah yang harus dijunjung tinggi. 

“Terima kasih atas gelar adat kehormatan ini. Saya hanya orang biasa, anak lorong tapi bisa menerima gelar ini,” ungkapnya.

Danny menyebutkan kekuatan adat adalah kekuatan inti yang menjadi pembeda dengan yang lain. Sejarah Sulawesi Selatan mewarnai sejarah dunia dan menjadi global story bagaimana kerajaan di Sulawesi Selatan menjelajahi dunia.

Ia pun berharap gelar ini bisa memberi semangat dalam menata dan terus membangun Kota Makassar ke arah yang lebih baik.

Sebelumnya Danny pomanto juga telah menerima gelar kehormatan “Karaeng Salamaka” dari keluarga besar pahlawan nasional Karaeng Polongbangkeng H Padjongnga Daeng Ngalle, 2019 silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × five =

Scroll to top