BMKG Makassar Terbitkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hingga 9 Januari 2023

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan rilis cuaca yang akan terjadi di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Dalam rilisnya BMKG Wilayah IV Makasar memperkirakan terjadinya cuaca buruk sepekan ke depan.

Sesuai keterangannya, Kepala BMKG Wilayah IV, Irwan Slamet mengatakan bahwa cuaca buruk diprakirakan terjadi pada tanggal 3 hingga 9 Januari 2023. Waktu yang diperkirakan pada dini hari sampai pagi hari.

“Hujan intensitas lebat itu terjadi terjadi di wilayah Sulsel bagian barat, bagian tengah dan bagian selatan. Dan disertai angin kencang di bagian barat dan selatan,” sebut Irwan dalam rilis BMKG IV, Senin (2/1/2023) malam.

Wilayah Sulsel bagian barat, yakni Parepare, Pangkep, Barru, Maros, dan Makassar. Sulsel bagian tengah, yakni Bone bagian Barat, Soppeng dan Gowa. kemudian wilayah Sulsel bagian Selatan, yakni Jeneponto dan Bantaeng.

Berdasarkan pengamatan BMKG IV Makassar, beberapa hari ke depan umumnya cuaca cerah dan berawan. Namun, kondisi atmosfer menunjukkan indikasi adanya potensi peningkatan curah hujan di Sulsel.

“Karena ex-siklon tropis ellie terpantau masih berada di Australia bagian barat mampu meningkatkan kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sepanjang daerah menuju pusat tekanan,” terang Irwan dalam rilisnya.

“Terdapat juga pertemuan arus angin atau konvergensi di sekitar wilayah Sulsel hal itu yang menyebabkan pertumbuhan massa udara yang mendukung pertumbuhan awan hujan sehingga ada kelembaban udara yang tinggi,” lanjutnya lagi.

Oleh karena itu, pihak BMKG Wilayah IV Makassar berharap agar kepada seluruh masyarakat pada daerah yang disebutka untuk meningkatkan kewaspadaan datangnya bencana.

“Karena potensi terjadi bencana hidrometeorologi itu bisa terjadi, dampaknya seperti banjir atau genangan, angin kencang, pohon tumbang dan keterlambatan penerbangan hingga adanya bencana longsor,” harap Irwan Slamet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial