Pemkot Makassar Akan Siapkan Jalur Khusus Kendaraan Listrik Co’mo

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan menyiapkan jalur khusus untuk kendaraan listrik Commuter Metro Moda (Co’mo).

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, nantinya jalur khusus Co’Mo akan dibuat apabila kendaraan tersebut telah diproduksi dan sudah dapat beroperasi.

“Tetapi pertama harus menyatukan jalur dulu. Nantilah kita lihat setelah siapa kepala dinas perhubungan. Nah itu salah satu tugasnya adalah izin Co’mo, persiapan 15 Co’mo itu,” kata Danny, Minggu (22/1/2023)

Sementara, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Noorhaq Alamsyah mengungkapkan bahwa jalur khusus yang akan disediakan nantinya, yaitu sepanjang 4,7 km dan bakal terhubung dengan lorong wisata.

“Pengerjaan jalur khusus tersebut akan dikerjakan menyasar empat jalan, di antaranya jalan Arif Rate, Penghibur, Ahmad Yani dan Sudirman,” katanya.

“Jadi memang harus didesain khusus, supaya jalurnya pun lancar, sama kayak busway di Jakarta, harusnya tidak ada pengguna jalan lain yang bisa pakai,” katanya.

Kendati demikian, lebih dulu Pemkot Makassar akan berkoordinasi dengan Pemprov Sulsel sebelum sebelum pengerjaan direalisasikan, mengingat jalur tersebut merupakan kewenangan Pemprov Sulsel.

Diketahui sebelumnya, Pemkot Makassar saat ini tengah menunggu produksi kendaraan listrik Co’Mo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial