Digitalisasi Keuangan, Materi Penutup Ciptakan UMKM Hebat

UMKM merupakan sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Akan tetapi, sebagian besar UMKM saat ini masih menghadapi kendala seperti akses pasar, modal usaha bahkan keterbatasan menggunakan inovasi teknologi baru.

Padahal, jika melihat beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi digital telah membuka banyak peluang baru bagi UMKM.

Digitalisasi keuangan menjadi topik penutup sesi Eksposure UMKM dan Bisnis Digital Batch 7. Rini selaku pembawa materi keuangan dari Booble.id mengatakan bahwa UMKM saat ini harus memiliki kesadaran menuju UMKM Go Digital.

“Selain memudahkan UMKM sesuai dengan tantangan zaman saat ini. Teknologi digital yang ada sekarang dapat membantu memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi bisnis dan tentu memperkuat citra atau branding bisnis,” ucapnya. Selasa (28/11/2023).

“Namun dalam upaya Go Digital, UMKM harus memiliki kesadaran menuju hal itu. Nah, apa yang kita ajarkan tadi tentu mempermudah pencatatan keuangan dan proses administrasi keuangan yang cepat akurat, inilah manfaat digitalisasi keuangan,” tambahnya.

Pada batch sebelumnya , Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Ismawaty Nur pernah mengatakan bahwa dengan memanfaatkan teknologi digital yang ada, UMKM dapat menghadapi kendala dalam  mengembangkan bisnisnya.

“Dengan kesadaran dan kemauan yang tinggi, UMKM dapat mengatasi berbagai kendala dan merasakan manfaat digitalisasi bisnis. UMKM Go Digital dapat bertahan dan berkembang dengan tantangan zaman saat ini,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Peserta dari UMKM Ayam Geprek Kak Ros Kelurahan Biringkanaya mengungkapkan bahwa dengan menggunakan aplikasi keuangan dirinya bisa memahami pengelolaan keuangan.

“Saya belum terlalu paham mengenai akuntansi keuangan, tapi setelah mengikuti materi tadi saya jadi mengetahui mengenai bagaimana mengelola pemasukan dan pengeluaran melalui aplikasi yang telah di ajarkan tadi,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + seventeen =

Scroll to top