Materi Market Place, Ajak Pelaku UMKM Pahami Cara Branding Toko
UMKM lokal saat ini harus bersaing di market place online yang beragam dan bermunculan di tengah era digital, tidak sebatas mengandalkan toko fisik saja.
Khusus untuk memudahkan pelaku UMKM memasarkan produknya ke pelanggan, pertemuan keempat Eskposure UMKM dan Bisnis Digital Batch 4 menyajikan materi seputar market place bagi peserta.
Mentor kegiatan yang merupakan Ketua Kampus Shopee Makassar serta praktisi market place, Syahrian Saputra mengatakan proses branding toko menjadi fokus penekanan dalam materi tersebut.
“Pesertanya kan reseller, jadi penekanannya itu terkait tokonya. Jadi bagaimana membangun atau membranding toko dengan baik, jadi tidak sebatas bisa menjual tapi bisa terhubung dengan produk-produk jualan lainnya,” katanya usai membawakan materi. Kamis, (14/9/2023).
“Karena biasanya orang jualan, tokonya kurang bagus, kurang menarik diliat oleh calon customer. Jadi walaupun dia reseller atau owner kalau tokonya kurang bagus maka kurang ada eksposure dari calon cutomer,” lanjut Syahrian.
Syahrian juga menuturkan bahwa peserta juga diajarkan mengenai pemanfaatan fitur-fitur market place yang digunakan hingga pola penjualannya.
“Jadi ibu-ibu UMKM bisa paham pola-pola penjualan dan step by stepnya di market place,” imbuhnya.
Salah satu peserta dari Kelurahan Suangga, UMKM RB2K, M Aqiel Rifky Afryan mengungkapkan dirinya makin terbantu dalam konsep memasarkan produk di market place.
“Materi market place sangat membantu untuk memetakan tata cara saya untuk memasarkan produk saya. Yang dimana melalui market place, bisa menjadi perantara antara saya dan pembeli di dunia maya. Yang sangat membantu dalam menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran. Dimana juga saya diberikan insight terhadap target pembeli serta tips & trik dalam melakukan pemasaran, penawaran, serta produk itu sendiri,” ungkapnya.