DISKOMINFO

Trend Positif, Eksposure UMKM dan Bisnis Digital Diskominfo X Diskop Makassar Tunjukkan Hasil Memuaskan

Program Eksposure UMKM dan Bisnis Digital, kolaborasi Dinas Kominfo Kota Makassar bersama Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar dalam mendukung visi misi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mewujudkan 10.000 lapangan kerja menunjukkan trend positif.

Peserta yang telah menyelesaikan sesi batch 1 mengungkapkan berbagai manfaat hingga peningkatan yang dirasakan dalam mengelola bisnisnya.

Hal itu dapat dilihat dari hasil survey online mengenai pendapat para peserta mengenai kegiatan yang dilaksanakan. Berikut jawaban peserta terkait dampak kegiatan Exposure UMKM dan Bisnis Digital ini.

Andi Roshita, “Produksi meningkat”

Mariyani Yusuf, “Alhamdulillah ada perubahan lebih banyak memasarkan lewat online”

Unteana Suprihatin, “Mengalami kemajuan, Alhamdulillah baru saja mengirim produk untuk frozen di Batam”

Imes Juanissa Qorina, “Kegiatan ini membuat kami mendapat banyak relasi, menjadi lebih paham akan bagaimana branding secara digital baik melalui pembuatan konten dan lain-lain”

Wiwik Umi Pratiwi, “Semakin banyak yang mengenal produk saya”

Lyes Erdiningsih, “Dari teori-teori yg diberikan sedikit-sedikit sudah mulai dipraktekkan”

Musdalifah, “Dampak usaha kami setelah mengikuti kegiatan ini lebih baik dari kemarin”

Nurhayati, “Positif sekali, berharap ada juga lebih maju”

Bunda Syifa, “Alhamdulillah akhirnya banyak tawaran yang datang dari dalam dan luar provinsi yang ingin menjadi reseller bakso frozen Bunda Syifa”

Naaimah, “InsyaAllah harus berubah dalam segi promosi dan pembukuan”

Ratna Nilasari “Usaha menjadi lebih berkembang”

Selanjutnya terkait hal apa saja yang telah lakukan dalam usahanya setelah mengikuti kegiatan Eksposure UMKM dan Bisnis Digital. Dilihat dari penuturan para peserta, mereka semakin memaksimalkan bagaimana memasarkan produk secara digital.

Andi Roshita, “Mengimplikasikan”

Mariyani Yusuf, “Memperbaiki tampilan produk, foto produk dan banyak mengirim gambar-gaambar  produk ke media sosial”

Unteana Suprihatin, “Mencoba untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas produk agar bisa dikenal di seluruh Indonesia”

Imes Juanissa Qorina, “Membuat video konten, membuat poster konten dan lain-lain”

Wiwik Umi Pratiwi, “Posting dan promosi di media sosial”

Musdalifah, “Yang  saya lakukan yaitu menerapkan ilmu yang saya dapat untuk kemajuan usaha kami”

Listiany Bachtiar, “Mulai mempromosikan produk saya ke media sosial dengan lebih menarik”

Lyes Erdiningsih, “Mengganti label kemasan, memperbaiki postingan di media sosial”

Musdalifah, “Setelah mengikuti kegiatan ini bayak hal yang bisa kami lakukan misalnya memperbaiki logo, kualitas produk, keuangan dan menerapkan SOP dalam produksi kami”

Nurhayati, “Pembuatan NIB, digital promo produk, perbaikan kemasan”        

Bunda Syifa, “Alhamdulillah dari kemasan produk semuanya sudah berubah di mana yang dulu saya menggunakan stiker, saat ini kemasan saya telah tersablon dengan logo baru produk bakso frozen saya, kualitas dan kuantitas produk semakin di tingkatkan, keuangan produksi semakin lebih terarah”

Naaimah, “Menjalankan promosi di sosial media”

Ratna Nilasari, “Foto produk dan cara pemasaran”

Sementara itu, mengenai bagaimana usaha para peserta bertumbuh setelah menyelesaikan sesi  batch 1 Eksposure UMKM dan Bisnis Digital pun memperlihatkan hasil positif yang dilakukan para peserta UMKM Lorong 

Musdalifah, “Cara usaha kami bertumbuh setelah mengikuti kegiatan ini dengan menerapkan ilmu yang kita dapat selama pelatihan, misalnya memperbaiki logo, kualitas produk, memperbaiki keuangan , dan menerapkan SOP dalam produksi kami”

Nurhayati, “Semakin banyak orderan”

Lyes Erdiningsih, “Sudah biisa belajar foto produk, membuat reels, lebih percaya diri dalam jualan”

Musdalifah, “Cara kami menumbuhkan usaha setelah kegiatan ini dengan menerapkan ilmu yang telah kami dapat setelah kegiatan ini misalnya memperbaiki keuangan, marketing dan SDM kami”

Nurhayati, “Ada peningkatan perkembangan”

Bunda syifa, “Tentunya dengan peningkatan SDA dan SDM serta kualitas dan kuantitas produk”

Naaimah, “Makin banyak yang kenal produk kami”

Ratna Nilasari, “Omset semakin meningkat”

One thought on “Trend Positif, Eksposure UMKM dan Bisnis Digital Diskominfo X Diskop Makassar Tunjukkan Hasil Memuaskan

  1. Semoga program ini terus berlanjut dan memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan UMKM dan bisnis digital di Kota Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 12 =

Scroll to top