Service Exellent, Materi Menarik Pertemuan Kelima Eksposure UMKM Batch 2
Menciptakan kepuasan pelanggan juga tergantung pada keterampilan dalam memberikan layanan. Dengan materi Service Exellent dalam pertemuan kelima Eksposure UMKM dan Bisnis Digital Batch 2, peserta diajarkan mengenai cara membangun hubungan dengan pelanggan melalui pelayanan yang baik.
Mentor Khairul Umam sekaligus Manager Inkubator UKM Kota Makassar, menuturkan terkait pentingnya memperhatikan metode yang benar dalam melayani pembeli.
“Ini tentang service exellent, tentang pelayanan. Kan ada online dan offline, meskipun kita berbicara chatingan, namun di situ bagusnya ada service exellentnya karena orang sudah interpretasikan teks, yah ada perasaannya lah dalam tulisan itu, jadi ada juga metode yang harus dipakai begitu,” tururnya. Selasa (1/8/2023).
Menurutnya, semua peserta yang merupakan reseller produk di batch 2 kali ini harus mampu memperhatikan dan fokus terkait pelayanan kepada pembeli.
“Diharapkan nanti pada saat mereka menjual, atau mendagangkan produk yang mereka punya itu bisa memperhatikan dari sudut pandang layanan, karena kejarannya itu bukan cuma penjualan di awal tapi ada juga repeat order yang mau dikejar. Apa lagi mereka ini kebanyakan reseller, nah reseller itu sebenarnya harus fokus pada pelayanan mereka,”
Salah satu pesrta dari Kelurahan Bangkala dengan usaha Mega Frozen Food Antang, Irma Satriani mengungkapkan, materi pada pertemuan tersebut sangat menarik diiringi dengan praktik langsung yang dilakukan.
“Sangat menarik karena seperti pemateri sampaikan tadi, kita harus memiliki attitude kepada customer dan tidak sekadar menawarkan apa yang menarik dari produk kita, namun ada layanan yang harus kita jaga,” ungkapnya.
“Tadi ada praktik, menarik sekali. Kita diajarkan skema-skema yang harus dilakukan penjual, misalnya ketika mendapat chat atau berkomunikasi dengan pembeli. Ini tentunya akan dipraktikkan dan disampaikan ilmunya kepada pegawai saya,” lanjutnya.