DISKOMINFO

Forum Diskusi IndigoHub, Plt Kadis Kominfo Makassar: Kolaborasi Lintas Sektor Katalisator Inovasi

MAKASSAR – Plt Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Makassar menjadi pembicara dalam diskusi panel bertajuk “Empowering Business Growth through Strong Networks and Collaborations,” yang diadakan IndigoHub Makassar. Kamis (26/9/2024).

Dalam paparannya, Plt Kadis Kominfo Makassar, Ismawaty Nur, menyampaikan bahwa kolaborasi lintas sektor merupakan kunci dalam menciptakan ekosistem inovasi yang berkelanjutan.

“UMKM tidak bisa berkembang sendiri, namun perlu dukungan ekosistem yang luas karena dapat membantu akselerasi adopsi teknologi dan meningkatkan daya saing, serta menjembatani kesenjangan keterampilan dan sumber daya,” jelasnya.

“Contohnya, kolaborasi Pemkot Makassar dengan platform e-commerce, yakni pemberdayaan UMKM lokal melalui pelatihan digital marketing dan platform jual-beli online,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ismawaty menggambarkan tantangan hingga manfaat kolaborasi bagi UMKM di era digital. Ia menilai, transformasi digital bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan bagi UMKM untuk bertahan dan berkembang.

Senada dengan itu, Business and Community Lead IndigoHub Makassar, Sunarti, mengatakan bahwa diskusi tersebut bertujuan untuk memperkuat kolaborasi, membangun jaringan, serta menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan Startup dan UMKM secara berkelanjutan.

“Forum ini diadakan untuk memperkuat ekosistem bisnis di Kota Makassar dengan melibatkan pemangku kepentingan dari berbagai sektor, termasuk bisnis, pemerintah, akademisi, komunitas, dan media,” ungkapnya.

Diketahui, dua pembicara lainnya adalah CM Witel Sulbagsel Telkom Indonesia, Eri Susanto, dan Manager Inkubator UKM Pemerintah Kota Makassar, Khairul Umam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five − 4 =

Scroll to top