DISKOMINFO

Cegah Serangan Cyber, Plt Kadis Kominfo Makassar: Sinergitas Pelaksanaan Penetration Testing Adalah Solusi

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar menggelar kegiatan bertajuk “Bisnis Proses Pembangunan dan Pelaksanaan Penetration Testing (Pentest) Aplikasi Pemerintah Kota Makassar. Berlangsung di Aston Hotel Makassar, Kamis (14/12/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meminimalisir dan mencegah serangan malware yang kerap terjadi dalam menjalankan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Kominfo Makassar, Ismawaty Nur menekankan bahwa dibutuhkan sinergitas menjalankan transformasi digital dalam upaya melawan serangan-serangan cyber.

“Tugas kita makin banyak, karena bukan hanya ingin mempertingkat bahwa kita kota sombere and smart city. Tapi betul-betul menjalankan transformasi digital yang lebih efektif dan efisien,“ tuturnya di hadapan para perwakilan SKPD Kota Makassar yang hadir.

“Pastinya melawan malware itu harus dari sourcenya, kita mungkin lawan di War Room tapi tentunya teman-teman SKPD yang mendevelop aplikasinya harus juga melakukan hal yang sama supaya kita saling bahu membahu. Jadi sinergitas pelaksanaan penetration testing adalah solusi,” lanjut Ismawaty Nur dengan jelas.

Ismawaty Nur mengimbau kepada peserta kegiatan agar mampu meningkatkan pengetahuan dalam kegiatan tersebut sebagai upaya menjaga keamanan data pemerintahan di Kota Makassar.

“Semoga, saya harap semua teman-teman di sini dapat mengambil knowledge yang ada dan bagaimana caranya kita satu persepsi supaya menjaga keamanan di SKPD kita masing-masing,” imbaunya.

Lebih lanjut, Plt Kepala Dinas Kominfo Makassar memaparkan, di mana keamanan cyber di era percepatan transformasi digital menjadi topik penting untuk dibahas.

“Cyber security harus kita perhatikan di era serba digital saat ini, karena sering kali terjadi serangan yang menimbulkan kerugian, hingga menghambat pelayanan kita. Nah metode penetration testing merupakan pendekatan yang solutif dan paling banyak dilakukan untuk memitigasi serangan cyber,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =

Scroll to top