Kolaborasi Diskominfo X Diskop Kota Makassar Terbukti Efektif Bantu Pelaku UMKM Bersaing Secara Digital
Berdasarkan data hasil survey online dari peserta Eksposure UMKM kolaborasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, menunjukkan hasil yang efektif bagi peserta UMKM Lorong dalam memasarkan produknya secara digital.
Sebanyak 22 peserta yang mengikuti sesi materi dan praktek kompetensi pemasaran produk telah mengisi survey tersebut.
Data memperlihatkan, 100% materi pemasaran dan produk berguna bagi usaha dan 90,9% mampu memahami atau mengimplementasikan terkait produk yang unik di usaha mereka. Sementara itu, data pun menunjukkan 95,5% telah memahami hingga mengimplementasikan cara membuat kemasan yang menarik dan cara pengambilan foto produk yang benar.
Sedangkan, terkait pemasaran di sosial media, 100% data memperlihatkan bahwa mereka telah paham dan mempraktekkan cara mengelola sosial media yang menarik. Juga, 95,5% memahami dan menjalankan cara memasarkan produk menggunakan market place.
Terakhir, 100% data menunjukkan bahwa UMKM Lorong di sesi batch 1 ini sudah memahami atau mengimplementasikan cara membangun hubungan dengan customer.
Diketahui sebelumnya, program ini merupakan bentuk kontribusi Diskominfo dalam mewujudkan 10.000 lapangan kerja baru.
“Seperti visi misi Bapak Wali Kota Makassar bahwa kita ingin menciptakan 10.000 usaha baru, bagian dari pada program tersebut kami mengusulkan untuk melaksanakan kegiatan ini,” ungkap Plt. Kepala Dinas Kominfo Makasar, Ismawaty Nur saat membuka acara. Rabu, (17/05).