Upaya Tingkatkan Keamanan dan Kurangi Kriminalitas, Diskominfo Pasang 2000 CCTV di 500 Longwis Kota Makassar

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) hingga saat ini telah merampungkan pemasangan 2000 unit Closed Circuit Television (CCTV) yang tersebar di 5000 Lorong Wisata (Longwis).

“Tahun 2022, sebanyak 2000 unit CCTV  yang tersebar 500 lorong wisata, yang terpantau di operation room Gedung Balaikota,” jelas Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) Diskominfo Makasar, Dr Jusman. Kamis (12/01/2023).

Kepala Bidang Aptika mengatakan, pihak Diskominfo Makassar telah meminta kesediaan dan mengamanahkan seluruh pihak yang terkait di wilayahnya agar menjaga keamanan CCTV yang terpasang.

“Kami juga meminta kesediaan semua dewan lorong yang saat in telah mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Kota Makassar mengembangkan lorong wisata, seluruh RT/RW, Pak Lurah dengan jajarannya agar turut membantu menjaga Aset Pemerintah Kota Makassar yang sudah terpasang di wilayah masing-masing, memastikan sambungan listrik tidak tercabut  dan CCTV tidak dipindahkan atau tidak mengalami kerusakan,” bebernya.

Pemasangan CCTV di Lorong Wisata Berkah di Kelurahan Pampang

Ia melanjutkan, menurutnya CCTV yang ada di Longwis bukan hanya untuk memantau keadaan sekitar, namun memiliki manfaat lainnya, seperti meningkatkan keamanan.

“Pemanfaatannya tidak saja memonitor kondisi lingkungan wilayah lorong, tetapi diharapkan juga akan memberikan rasa aman, mengurangi kriminalitas, Pemerintah Kota Makassar memudahkan melakukan pemantauan lorong yang saat ini menjadi salah satu barometer kebersihan, keindahan, kenyamanan Kota Makassar yang sejalan dengan tagline Sombere dan Smart City, Makassar Dua Kali Tambah Baik,” ungkapnya.

Diketahui, Diskominfo Makassar juga memasang CCTV di jalan utama Pemerintah Kota Makassar sebanyak 230 unit, termasuk gedung Pemerintah Kota Makassar sebanyak 20 unit dan kantor kelurahan sebanyak 302 unit, sehingga total CCTV yang terpasang sebanyak 2552 unit.

2 thoughts on “Upaya Tingkatkan Keamanan dan Kurangi Kriminalitas, Diskominfo Pasang 2000 CCTV di 500 Longwis Kota Makassar

  1. Tolong juga di pasang di lorong kami, rappokalling dan sekitarnya. Karena di sini sering terjadi tawuran dan pencurian motor di lorong maupun pencurian di dalam rumah warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial