Pemkot Makassar Terima DSP dari BNPB Pusat Senilai 350 Juta

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menerima bantuan Dana Siap Pakai (DSP) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Senin, (09/01/2023).

Bantuan DSP itu diserahkan langsung oleh Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Suharyanto kepada Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto bersama 14 kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Selatan.

DSP senilai Rp 350 Juta tersebut akan dipetakan dengan pembagian Rp 100 Juta untuk dukungan kegiatan penanganan bencana Hidrometeorologi 2023 dan Rp 250 Juta dialokasikan untuk dukungan operasional kegiatan penanganan darurat Bencana Hidrometeorologi.

Selain DSP, Pemkot Makassar juga menerima 1000 lembar Matras dan 1000 lembar Selimut. Danny Pomanto selaku Wali Kota Makassar pun berterima kasih dengan bantuan yang diserahkan BNPB pusat.

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada Kota Makassar. Bencana memang kita tidak bisa prediksi secara tepat. Tapi kita perlu siap siaga. Apalagi akhir tahun kemarin dua kecamatan kita terendam banjir,” katanya.

Danny menuturkan, nantinya bantuan ini akan digunakan guna keperluaan penanganan bencana, khususnya kebutuhan logistik untuk para korban bencana.

Tercatat, sebanyak 122 bencana Hidrometeorologi basah terjadi di Kota Makassar di tahun 2022, lalu. Hidrometeorologi basah yakni banjir, tanah longsor dan angin putih beliung.

Sementara itu, Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengatakan bahwa untuk mengantisipasi potensi bahaya Hidrometeorologi basah, dibutuhkan kerjasama juga kordinasi yang baik.

“kami selalu siap membantu dan mendampingi, saya berharap DSP yang diberikan dapat digunakan dengan baik dan tepat sasaran. Penggunaannya pun untuk pemenuhan tanggap cepat bencana yang terjadi,” tuturnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial