Master Plan Smart City

[featured_image]
Download
Download is available until [expire_date]
  • Version
  • Download 4
  • File Size 63 MB
  • File Count 1
  • Create Date 28/12/2022
  • Last Updated 09/01/2023

Master Plan Smart City

SAMBUTAN WALI KOTA MAKASSAR

Assalaamu’alaikum wr.wb.

Mengembangkan smart city di KOTA Makassar bukan dengan menjadikan IT dan solusi teknologi sebagai tujuan akhir –Tetapi lebih fokus kepada inovasi dan terobosan untuk menyelesaikan masalah prioritas dan atau mengembangkan sektor unggulan daerah, berbasis data yang terintegrasi, dan kolaboratif antar sektor. Dan tentu saja, pembangunan berbasis smart city secara simultan harus bisa menghasilkan smart people dan smart society.

Pembangunan Smart City tidak sekedar mengedapankan efisiensi birokrasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) namun juga bagaimana membangun masyarakat dengan menjadikan infrastruktur dan sarana TIK sebagai faktor pendukung atau enabler.

Program Makassar Smart City merupakan program solutif untuk menjadikan Makassar 2x+baik dengan tagline Sombere & Smart City. Sombere adalah kearifan lokal Makassar yang berarti hospitality, keramahan, yang menjadi karakter Makassar. Dengan Visi smart city : To Create Makassar as a liveable World Class City For All dengan Misi 

Program Smart City Kota Makassar akan terus menjawab berbagai tantangan perubahan, mengetahui  permasalahan yang ada di dalamnya (sensing), memahami kondisi permasalahan  tersebut (understanding), dan dapat mengatur (acting) berbagai sumber daya yang ada untuk digunakan secara efektif dan efisien dengan tujuan untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya.

Makassar Jangan Mundur Lagi, 100 Inovasi Kota Makassar akan mendrive pilar pencapai tujuan, sasaran dan target program Smart City Kota Makassar. 100 Inovasi Kota Makassar akan menjadi program strategi Sombere dan Smart City Makassar, kemudian secara bertahap terimplementasi dalam aksi  Sombere dan Smart City Makassar yang meliputi program quick win, program jangka pendek, jangka menengah dan Jangka Panjang.

Khususnya para kepala SKDP. Diantara 100 INOVASI Kota Makassar telah mendapat apresasi secara nasional dan internasional. Sehingga sangat diharapkan terus dillaksanakan dan terus  dikembangkan agar menjadi solusi pelaksanaan pemerintahan,  pelayanan publik, dan pengembangan literasi dalam rangka pencapaian pemerintahan yang lebih efisien, efektif dan berkinerja tinggi.  Kemudian Program INOVATIF Sombere dan Smart City Makassar tersebut akan dilakukan proses asessment secara berkala  untuk mewujudkan visi Makassar as a liveable World Class City For All.

Makassar,    September 2020

WALIKOTA MAKASSAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial