Sekda Launching Aplikasi Sikolaki Upaya Penanganan Anak Tidak Sekolah di Makassar

MAKASSAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar M Ansar launching Aplikasi Sikolaki singkatan dari Saya Ingin Sekolah Karena Ilmu, di Hotel Claro, Selasa (30/8).

Aplikasi berbasis android ini merupakan kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dengan UNICEF, USAID Erat, dan NGO Lemina.

Launching aplikasi ini dirangkaikan dengan workshop kolaborasi penanganan anak tidak sekolah yang diselenggarakan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar.

Ansar menyampaikan Aplikasi Sikolaki adalah komitmen Pemkot Makassar bersama stakeholder terkait dalam upaya percepatan penanganan anak tidak sekolah.

Aplikasi ini menyiapkan data anak tidak sekolah berbasis kelurahan secara digital dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi sehingga tidak melanjutkan pendidikan wajib belajar 12 tahun.

“Tahun ini kita mulai empat kelurahan di empat kecamatan, tahun depan kita berharap seluruh kelurahan di 15 kecamatan. Jadi lurah nanti akan mendata anak yang tidak sekolah di wilayahnya,” kata Ansar.

Melalui pendataan ini, anak tidak sekolah yang teridentifikasi bisa dikembalikan ke sekolah. Baik sekolah formal maupun non-formal.

Sehingga hasil dari pendataan ini bisa menjadi dasar bagi pemangku kepentingan dalam melakukan intervensi program penanganan anak tidak sekolah.

“Paling banyak kita temukan itu karena persoalan ekonomi, makanya kita data supaya mereka semua bisa mengenyam pendidikan. Minimal sampai SMA/SMK,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Makassar Helmy Budiman mengatakan sudah melakukan sosialisasi kepada pemerintah kecamatan perihal tata cara penginputan data anak tidak sekolah melalui aplikasi ini.

“Tahun depan kita akan memasukkan Aplikasi Sikolaki ini menjadi kegiatan di semua kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Makassar,” tutupnya.

Sumber : Humas Kominfo Makassar

Sekda Launching Aplikasi Sikolaki Upaya Penanganan Anak Tidak Sekolah di Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top